Materi Pembelajaran BK Klasikal untuk
siswa kelas 7 A sd 7 F Pertemuan Minggu ke-3 Bulan Maret tahun 2020
(home learning)
Mind Map (Peta Pikiran): Apa dan
Bagaimana?
A. Apa Mind Map (Peta Pikiran)
itu?
Mind Map (Peta Pikiran) dapat
diartikan sebagai suatu cara untuk mengorganisasikan dan menyajikan konsep,
ide, tugas atau informasi lainnya dalam bentuk diagram radial-hierarkis
non-linier. Mind Map pada umumnya menyajikan informasi yang terhubung dengan
topik sentral, dalam bentuk kata kunci, gambar (simbol), dan warna sehingga
suatu informasi dapat dipelajari dan diingat secara cepat dan efisien.
Mind Map digagas dan dikembangkan oleh Tony Buzan,
seorang psikolog Inggris, yang meyakini bahwa penggunaan Mind Map tidak hanya
mampu melejitkan proses memori tetapi juga dapat meningkatkan kreativitas dan
keterampilan menganalisis, dengan mengoptimalkan fungsi belahan otak. Mind Map
dapat mengubah informasi menjadi pengetahuan, wawasan dan tindakan. Informasi
yang disajikan fokus pada bagian-bagian penting, dan dapat mendorong
orang untuk mengeksplorasi dan mengelaborasinya lebih jauh.
Mengikuti ikhtisar pola kerja MindMaple,
Mind Map terdiri dari 3 (tiga) komponen utama, yaitu:
- Topik Sentral, pokok atau fokus pikiran/isu
uyang hendak dikembangkan, dan diletakkan sebagai “pohon”.
- Topik Utama, level pikiran lapis kedua
sebagai bagian dari Topik Sentral dan diletakkan sebagai “cabang”
yang melingkari “pohon”.
- Sub Topik, level pikiran lapis ketiga
sebagai bagian dari cabang dan diletakkan sebagai “ranting” (dan
level pikiran lapis berikutnya)
B. Bagaimana Membuat Mind Map
(Peta Pikiran)?
Mind Map dapat dibuat secara manual atau dengan
menggunakan bantuan software. Walaupun tidak ada ketentuan yang baku, tetapi
ada beberapa hal yang bisa dijadikan pedoman dalam menyusun Mind Map,
(khususnya untuk Mind Map yang dibuat secara manual):
- Mulai dari tengah untuk menentukan Topik Sentral
(menentukan “pohon”), dibuat dalam kertas kosong bentuk landscape,
disertai gambar berwarna.
- Tentukan Topik Utama (menentukan “cabang”)
sebagai bagian penting dari Topik Sentral.
- Tentukan Sub Topik sebagai “ranting” yang
diambil dari Topik Utama
- Secara kreatif gunakan gambar, simbol, kode, dan
dimensi seluruh peta pikiran Anda.
- Sedapat mungkin gunakan kata kunci tunggal
(maksimal 2 kata), dengan huruf kapital atau huruf kecil.
- Gunakan garis lengkung untuk menghubungkan antara
Topik Sentral dengan Topik Utama dan Sub Topik. Untuk stimulasi visual,
gunakan warna dan ketebalan yang berbeda untuk masing-masing alur
hubungan.
- Kembangkan Mind Map sesuai gaya Anda sendiri.
- Untuk memahami suatu teks, Anda terlebih dahulu
harus membaca teks tersebut untuk memperoleh gambaran mental (mental
image) yang menyeluruh dan bermakna.
Membuat Mind Map dengan bantuan software tentu akan
lebih mengasyikkan Untuk mencari software yang dibutuhkan, Anda bisa menelusuri
sendiri di internet melalui bantuan Google dan Anda akan menjumpai berbagai
produk software Mind Map. Salah satu software yang bisa digunakan adalah software
Mind Map yang dikembangkan oleh MindMaple (bisa diunduh secara gratis disini)
C. Apa Manfaat Mind Map (Peta
Pikiran) dalam Pembelajaran?
Mind Map dapat
dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, baik yang bersifat personal maupun
kolaboratif. Khusus, dalam konteks pembelajaran, Mind Map dapat digunakan untuk
membantu siswa dalam memahami, mengorganisasikan dan memvisualisasikan materi
dan aktivitas belajarmya secara kreatif dan atraktif.
- Siswa dapat mempetakan apa yang didiskusikan
bersama teman-temannya,
- Siswa dapat mempetakan tentang proses dan hasil
observasi yang dilakukannya.
- Siswa dapat mempetakan tentang apa yang dibacanya
- Siswa dapat mempetakan tentang apa yang
didengarnya.
- Siswa dapat mempetakan tentang apa yang harus
dipresentasikannya di kelas, dan
- Siswa dapat mempetakan aneka aktivitas belajar
lainnya, baik yang berkenaan dengan perencanaan, pelaksaanaan maupun hasil
belajarnya.
Dengan Mind Map, siswa diajak untuk mengkonstruksi
pengetahuan secara kreatif, sesuai dengan apa yang dipahaminya masing-masing,
bukan menjiplak pengetahuan secara membabi-buta.
Penggunaan Mind Map tampaknya cukup efektif membantu
mahasiswa ketika sedang mengikuti Ujian Skripsi. Skripsi yang sedemikian tebal
dapat direduksi dalam satu atau dua halaman saja. Bahkan, di Fakultas
Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Mind Map telah menjadi
keterampilan yang wajib dikuasai para mahasiswa.
Bagi guru, Mind Map dapat digunakan untuk
kepentingan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Dalam
perencanaan pembelajaran, Mind Map bisa dimanfaatkan untuk kepentingan menyusun
desain pembelajaran, baik yang berkaitan dengan pengembangan bahan ajar maupun
pengembangan metode dan penilaian pembelajaran.
Dalam praktik pembelajaran di kelas, guru dapat dapat
memanfaatkan Mind Map sebagai media pembelajaran atau mengintegrasikannya
dengan metode pembelajaran yang digunakan.
Menyajikan dan Mendiskusikan Hasil Mind dalam Kelompok
Kecil
Menyajikan dan Mendiskusikan Hasil Mind Map level
Kelas
Mengintegrasikan Mind Map dengan
Metode Jigsaw
Sedangkan dalam penilaian, guru dapat memanfaatkan
setiap karya Mind Map siswa sebagai bahan penilaian produk dan bagian dari
portofolio siswa, untuk melihat sejauhmana seorang siswa dapat memahami materi
pelajaran yang diajarkan sekaligus mengenal kontruksi berfikir para siswanya.
Sementara, bagi guru BK/Konselor, Mind Map bisa menjadi
salah satu materi layanan yang diberikan kepada siswa, khususnya berkaitan
dengan layanan konten, dalam upaya membantu siswa memiliki
keterampilan dan kebiasaan belajar yang efektif.
Tampaknya tidak ada keraguan lagi bagi kita untuk
membelajarkan siswa menguasai keterampilan Mind Map ini sejak dini agar proses
belajar dan pembelajaran dapat lebih efektif dan optimal.

TUGAS UNTUK SISWA DIBUAT DI BUKU CATATAN BK :
1. MEMBUAT RANGKUMAN MATERI PETA PIKIRAN.
2. MEMBUAT CONTOH PETA PIKIRAN SPT CONTOH DIATAS (SATU MATERI PELAJARAN SAJA)
3. MEMBERIKAN KOMENTAR SEBAGAI BUKTI ABSENSI LITERASI HOME LEARNING, CONTOH ISI KOMENTAR :
PAK IMAN OR MISTER AIMEN SAYA SUDAH BACA DAN BUAT TUGASNYA.
PAK IMAN OR MISTER AIMEN SAYA SUDAH BACA DAN BUAT TUGASNYA.
KOMENNYA ADA DIBAWAH MATERI/POSTING INI, YANG ADA TANDA PENSIL MIRING WARNA KUNING.......SEMOGA SEHAT SELALU
WASPADA CORONA.....TIDAK ABAY/CUEK - JUGA TIDAK LEBAY.
CARA KOMENNYA KLIK GAMBAR PENSIL WARNA KUNING......
BalasHapusPak iman saya Annisa 7f sudah membaca
HapusPak iman saya Farahdhiba 7e sudah membaca
HapusPak iman saya fairu 7f sudah membaca materi yang di sampaikan bapak dan segera membuat tugas
BalasHapuspa iman saya roro 7f sudah membaca
BalasHapuspa iman saya roro 7f sudah membaca
BalasHapuspa iman saya roro 7f sudah membaca
BalasHapusPak iman saya Devanni 7f sudah membaca dan mengerjakan
BalasHapusPa saya Aurel 7e sudah membaca
BalasHapusMister Aimen saya Dhika 7B sudah membaca
BalasHapusPak saya Mutiara 7F sudah membaca dan mengerjakan
BalasHapusPak saya Excel kelas 7f sudah membaca
BalasHapusPak saya Nanda (7c) sudah membaca dan mengerjakan
BalasHapuspa saya wiedy 7D sdh membaca
BalasHapuspak saya Jessyca 7F sudah membaca
BalasHapusPak saya Andhika 7d sudah membaca
BalasHapusPak saya Andhika 7d sudah membaca dan mengerjakan
HapusSaya Safina 7D sudah juga membaca dan segera mengerjakan tugas dari bapak.
BalasHapusPak saya Gilang 7E sudah membaca
BalasHapusPak saya Gilang 7E sudah membaca
BalasHapusPak saya nailah 7F sudah membaca
BalasHapusPak saya Ibrahim 7F sudah membaca
BalasHapusPak saya andre 7d sudah membaca
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusPak saya adinda 7D sudah membaca
BalasHapusPak saya Safaraz 7D sudah membaca
HapusPak saya Ratu 7F sudah membaca
BalasHapusPak saya Fajar 7D sudah membaca
BalasHapusPak saya Calvin 7F sudah membaca
BalasHapuspak saya kayla 7d sudah membaca dan mengerjakan
BalasHapusPak saya Nico 7D sudah membaca
BalasHapusPak iman saya kanita salsabila 7E sudah membaca dan mengerjakan
BalasHapusPak iman saya Naura Khalisa 7D sudah membaca dan mengerjakan
BalasHapusPak Iman saya Alexxa Dwi Nuraini 7D sudah membaca dan mengerjakan.
BalasHapusPak Iman saya Rezqie arya 7D sudah membaca dan mengerjakan.
BalasHapusPak iman saya Marchel Velyan 7c sudah membaca
BalasHapusPak saya meyrlyn 7F sudah membaca
BalasHapusPak saya noval 7f sudah membaca
BalasHapusPak Iman, saya Amel 7C audah membaca dan mengerjakan 👀👌✨
BalasHapus*sudah
HapusPak Iman Sriyono Saya Dari Siswa Kelas 7A Yang bernama MIFTAHUR RIDZKI ISNAINI SUDAH MEMBACA
BalasHapusPak iman saya Syaskia Syawal dari 7f sudah membaca dan mengerjakan pak
BalasHapusPak Iman saya Izzul dari kelas 7B sudah membaca dan membuat tugas nya pak
BalasHapusMISTER AIMEN saya Luckeyciae 7F sudah membaca dan sudah membuat tugasnya ya pak
BalasHapusmister aimen saya falisha 7c sudah membaca dan sedang membuta tugasnya
BalasHapusPak Iman, saya Putra 7B sudah membaca dan sedang mengerjakan
BalasHapusPak Iman saya Alya Nabila dari kelas 7a sudah membaca dan sudah mengerjakan pak
BalasHapusPak Iman saya Rasya Dwi A 7C sudah membaca dan sedang mengerjakan
BalasHapusSaya Rifzky Nurman 7D Sudah Membaca dan sudah mengerjakannya
BalasHapuspak saya Rangga 7B sudah membaca
BalasHapuspak say aqila 7C sudah membaca
BalasHapusPAK SAYA ELGA SRI UTAMI 7A SUDAH MEMBACA
BalasHapusPak saya Raihanah Aulia Salsabila kelas 7A sudah membaca
BalasHapusPak saya Julia 7F sudah membaca
BalasHapusPak Iman, saya Andez 7A sudah membaca
BalasHapusPak Iman, Saya Zahra Putri 7A sudah Membaca
BalasHapusPak Iman saya Shafa dari kelas 7A sudah membaca
BalasHapusPak saya Lusi Queenthree 7D sudah membaca
BalasHapusPak saya putuha alawiah 7D sudah membaca
BalasHapusPak Iman, saya Fairus Sabila 7A sudah membaca
BalasHapusPak Iman, saya Fairus Sabila 7A sudah membaca
BalasHapus