Minggu, 15 Maret 2020

Materi Pembelajaran BK Klasikal untuk siswa kelas 7 A sd 7 F Pertemuan Minggu ke-3 Bulan Maret tahun 2020(home learning)

Materi Pembelajaran BK Klasikal untuk 
siswa kelas 7 A sd 7 F Pertemuan Minggu ke-3 Bulan Maret tahun 2020
(home learning)


Mind Map (Peta Pikiran): Apa dan Bagaimana?
A.  Apa Mind Map (Peta Pikiran) itu?
Mind Map (Peta Pikiran) dapat diartikan sebagai suatu cara untuk mengorganisasikan dan menyajikan konsep, ide, tugas  atau informasi lainnya dalam bentuk diagram radial-hierarkis non-linier. Mind Map pada umumnya menyajikan informasi yang terhubung dengan topik sentral, dalam bentuk kata kunci, gambar (simbol), dan warna sehingga suatu informasi dapat dipelajari dan diingat secara cepat dan efisien.
Mind Map digagas dan dikembangkan oleh Tony Buzan, seorang psikolog Inggris, yang meyakini bahwa penggunaan Mind Map tidak hanya mampu melejitkan proses memori tetapi juga dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan menganalisis, dengan mengoptimalkan fungsi belahan otak. Mind Map dapat mengubah informasi menjadi pengetahuan, wawasan dan tindakan. Informasi yang disajikan fokus pada bagian-bagian penting, dan dapat mendorong  orang untuk mengeksplorasi dan mengelaborasinya lebih jauh.
Mengikuti ikhtisar pola kerja MindMaple, Mind Map terdiri dari 3 (tiga) komponen utama, yaitu:
  1. Topik Sentral, pokok atau fokus pikiran/isu uyang hendak dikembangkan, dan diletakkan  sebagai  “pohon”.
  2. Topik Utama, level pikiran lapis kedua sebagai bagian dari Topik Sentral dan diletakkan sebagai “cabang”  yang melingkari “pohon”.
  3. Sub Topik, level pikiran lapis ketiga sebagai bagian dari cabang dan diletakkan sebagai  “ranting” (dan level pikiran lapis berikutnya)
B.  Bagaimana Membuat Mind Map (Peta Pikiran)?
Mind Map dapat dibuat secara manual atau dengan menggunakan bantuan software. Walaupun tidak ada ketentuan yang baku, tetapi ada beberapa hal yang bisa dijadikan pedoman dalam menyusun Mind Map, (khususnya untuk Mind Map yang dibuat secara manual):
  1. Mulai dari tengah untuk menentukan Topik Sentral (menentukan “pohon”), dibuat dalam kertas kosong bentuk landscape, disertai gambar berwarna.
  2. Tentukan Topik Utama (menentukan “cabang”) sebagai bagian penting dari Topik Sentral.
  3. Tentukan Sub Topik sebagai  “ranting” yang diambil dari Topik Utama
  4. Secara kreatif gunakan gambar, simbol, kode, dan dimensi seluruh peta pikiran Anda.
  5. Sedapat mungkin gunakan kata kunci tunggal  (maksimal 2 kata),  dengan huruf kapital atau huruf kecil.
  6. Gunakan garis lengkung untuk menghubungkan antara Topik Sentral dengan Topik Utama dan Sub Topik. Untuk stimulasi visual, gunakan warna dan ketebalan yang berbeda untuk masing-masing alur hubungan.
  7. Kembangkan Mind Map sesuai gaya Anda sendiri.
  8. Untuk memahami suatu teks, Anda terlebih dahulu harus membaca teks tersebut untuk memperoleh gambaran mental (mental image) yang menyeluruh dan bermakna.
Membuat Mind Map dengan bantuan software tentu akan lebih mengasyikkan Untuk mencari software yang dibutuhkan, Anda bisa menelusuri sendiri di internet melalui bantuan Google dan Anda akan menjumpai berbagai produk software Mind Map. Salah satu software yang bisa digunakan adalah software Mind Map yang dikembangkan oleh MindMaple (bisa diunduh secara gratis  disini)
C.  Apa Manfaat Mind Map (Peta Pikiran) dalam Pembelajaran?
Mind Map dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, baik yang bersifat personal maupun kolaboratif. Khusus, dalam konteks pembelajaran, Mind Map dapat digunakan untuk membantu siswa dalam memahami, mengorganisasikan dan memvisualisasikan materi dan aktivitas belajarmya secara kreatif dan atraktif.
  • Siswa dapat mempetakan apa yang didiskusikan bersama teman-temannya,
  • Siswa dapat mempetakan tentang proses dan hasil observasi yang dilakukannya.
  • Siswa dapat mempetakan tentang apa yang dibacanya
  • Siswa dapat mempetakan tentang apa yang didengarnya.
  • Siswa dapat mempetakan tentang apa yang harus dipresentasikannya di kelas, dan
  • Siswa dapat mempetakan aneka aktivitas belajar lainnya, baik yang berkenaan dengan perencanaan, pelaksaanaan maupun hasil belajarnya.
Dengan Mind Map, siswa diajak untuk mengkonstruksi pengetahuan secara kreatif, sesuai dengan apa yang dipahaminya masing-masing, bukan menjiplak pengetahuan secara membabi-buta.
Penggunaan Mind Map tampaknya cukup efektif membantu mahasiswa ketika sedang mengikuti Ujian Skripsi. Skripsi yang sedemikian tebal dapat direduksi dalam satu atau dua halaman saja. Bahkan, di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Mind Map telah menjadi keterampilan yang wajib dikuasai para mahasiswa.
Bagi guru, Mind Map dapat digunakan untuk kepentingan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran, Mind Map bisa dimanfaatkan untuk kepentingan menyusun desain pembelajaran, baik yang berkaitan dengan pengembangan bahan ajar maupun pengembangan metode dan penilaian pembelajaran.
Dalam praktik pembelajaran di kelas, guru dapat dapat memanfaatkan Mind Map sebagai media pembelajaran atau mengintegrasikannya dengan metode pembelajaran yang digunakan.

Menyajikan dan Mendiskusikan Hasil Mind dalam Kelompok Kecil

Menyajikan dan Mendiskusikan Hasil Mind Map level Kelas
Mengintegrasikan Mind Map dengan Metode Jigsaw
Sedangkan dalam penilaian, guru dapat memanfaatkan setiap karya Mind Map siswa sebagai bahan penilaian produk dan bagian dari portofolio siswa, untuk melihat sejauhmana seorang siswa dapat memahami materi pelajaran yang diajarkan sekaligus mengenal kontruksi berfikir para siswanya.
Sementara, bagi guru BK/Konselor, Mind Map bisa menjadi salah satu materi layanan yang diberikan kepada siswa, khususnya berkaitan dengan layanan konten, dalam upaya membantu siswa memiliki keterampilan dan kebiasaan belajar yang efektif.
Tampaknya tidak ada keraguan lagi bagi kita untuk membelajarkan siswa menguasai keterampilan Mind Map ini sejak dini agar proses belajar dan pembelajaran dapat lebih efektif dan optimal.

Contoh gambar peta pikiran

     Image result for peta pikiran contoh mind mapping bahasa indonesia 


TUGAS UNTUK SISWA DIBUAT DI BUKU CATATAN BK :

1. MEMBUAT RANGKUMAN MATERI PETA PIKIRAN.

2. MEMBUAT CONTOH PETA PIKIRAN SPT CONTOH DIATAS (SATU MATERI PELAJARAN SAJA)

3. MEMBERIKAN KOMENTAR SEBAGAI BUKTI ABSENSI LITERASI HOME LEARNING, CONTOH ISI KOMENTAR :

PAK IMAN OR MISTER AIMEN SAYA SUDAH BACA DAN BUAT TUGASNYA.



KOMENNYA ADA DIBAWAH MATERI/POSTING INI, YANG ADA TANDA PENSIL MIRING WARNA KUNING.......SEMOGA SEHAT SELALU
WASPADA CORONA.....TIDAK ABAY/CUEK -  JUGA TIDAK LEBAY.


61 komentar:

  1. CARA KOMENNYA KLIK GAMBAR PENSIL WARNA KUNING......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak iman saya Annisa 7f sudah membaca

      Hapus
    2. Pak iman saya Farahdhiba 7e sudah membaca

      Hapus
  2. Pak iman saya fairu 7f sudah membaca materi yang di sampaikan bapak dan segera membuat tugas

    BalasHapus
  3. pa iman saya roro 7f sudah membaca

    BalasHapus
  4. pa iman saya roro 7f sudah membaca

    BalasHapus
  5. pa iman saya roro 7f sudah membaca

    BalasHapus
  6. Pak iman saya Devanni 7f sudah membaca dan mengerjakan

    BalasHapus
  7. Pa saya Aurel 7e sudah membaca

    BalasHapus
  8. Mister Aimen saya Dhika 7B sudah membaca

    BalasHapus
  9. Pak saya Mutiara 7F sudah membaca dan mengerjakan

    BalasHapus
  10. Pak saya Excel kelas 7f sudah membaca

    BalasHapus
  11. Pak saya Nanda (7c) sudah membaca dan mengerjakan

    BalasHapus
  12. pa saya wiedy 7D sdh membaca

    BalasHapus
  13. pak saya Jessyca 7F sudah membaca

    BalasHapus
  14. Pak saya Andhika 7d sudah membaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak saya Andhika 7d sudah membaca dan mengerjakan

      Hapus
  15. Saya Safina 7D sudah juga membaca dan segera mengerjakan tugas dari bapak.

    BalasHapus
  16. Pak saya Gilang 7E sudah membaca

    BalasHapus
  17. Pak saya Gilang 7E sudah membaca

    BalasHapus
  18. Pak saya nailah 7F sudah membaca

    BalasHapus
  19. Pak saya Ibrahim 7F sudah membaca

    BalasHapus
  20. Pak saya andre 7d sudah membaca

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Pak saya adinda 7D sudah membaca

    BalasHapus
  23. Pak saya Ratu 7F sudah membaca

    BalasHapus
  24. Pak saya Fajar 7D sudah membaca

    BalasHapus
  25. Pak saya Calvin 7F sudah membaca

    BalasHapus
  26. pak saya kayla 7d sudah membaca dan mengerjakan

    BalasHapus
  27. Pak saya Nico 7D sudah membaca

    BalasHapus
  28. Pak iman saya kanita salsabila 7E sudah membaca dan mengerjakan

    BalasHapus
  29. Pak iman saya Naura Khalisa 7D sudah membaca dan mengerjakan

    BalasHapus
  30. Pak Iman saya Alexxa Dwi Nuraini 7D sudah membaca dan mengerjakan.

    BalasHapus
  31. Pak Iman saya Rezqie arya 7D sudah membaca dan mengerjakan.

    BalasHapus
  32. Pak iman saya Marchel Velyan 7c sudah membaca

    BalasHapus
  33. Pak saya meyrlyn 7F sudah membaca

    BalasHapus
  34. Pak Iman, saya Amel 7C audah membaca dan mengerjakan 👀👌✨

    BalasHapus
  35. Pak Iman Sriyono Saya Dari Siswa Kelas 7A Yang bernama MIFTAHUR RIDZKI ISNAINI SUDAH MEMBACA

    BalasHapus
  36. Pak iman saya Syaskia Syawal dari 7f sudah membaca dan mengerjakan pak

    BalasHapus
  37. Pak Iman saya Izzul dari kelas 7B sudah membaca dan membuat tugas nya pak

    BalasHapus
  38. MISTER AIMEN saya Luckeyciae 7F sudah membaca dan sudah membuat tugasnya ya pak

    BalasHapus
  39. mister aimen saya falisha 7c sudah membaca dan sedang membuta tugasnya

    BalasHapus
  40. Pak Iman, saya Putra 7B sudah membaca dan sedang mengerjakan

    BalasHapus
  41. Pak Iman saya Alya Nabila dari kelas 7a sudah membaca dan sudah mengerjakan pak

    BalasHapus
  42. Pak Iman saya Rasya Dwi A 7C sudah membaca dan sedang mengerjakan

    BalasHapus
  43. Saya Rifzky Nurman 7D Sudah Membaca dan sudah mengerjakannya

    BalasHapus
  44. pak saya Rangga 7B sudah membaca

    BalasHapus
  45. pak say aqila 7C sudah membaca

    BalasHapus
  46. PAK SAYA ELGA SRI UTAMI 7A SUDAH MEMBACA

    BalasHapus
  47. Pak saya Raihanah Aulia Salsabila kelas 7A sudah membaca

    BalasHapus
  48. Pak saya Julia 7F sudah membaca

    BalasHapus
  49. Pak Iman, saya Andez 7A sudah membaca

    BalasHapus
  50. Pak Iman, Saya Zahra Putri 7A sudah Membaca

    BalasHapus
  51. Pak Iman saya Shafa dari kelas 7A sudah membaca

    BalasHapus
  52. Pak saya Lusi Queenthree 7D sudah membaca

    BalasHapus
  53. Pak saya putuha alawiah 7D sudah membaca

    BalasHapus
  54. Pak Iman, saya Fairus Sabila 7A sudah membaca

    BalasHapus
  55. Pak Iman, saya Fairus Sabila 7A sudah membaca

    BalasHapus

TIPS AMAN SAAT MEMASAK

INFO SAFETY  dari Ex HSE Mgr Pertamina Khusus ibu ibu yang suka memasak, Mohon selalu di ingat, Masih banyak orang yang belum mengetahui. Ma...